Loading...

Paket Spesial untuk Daerah Perbatasan

09:13 WIB | Monday, 23-January-2017 | Non Komoditi, Sarana & Prasarana | Penulis : Kontributor

Membangun dari pinggiran kini menjadi perhatian pemerintah. Termasuk juga dalam pembangunan pertanian. Salah satu wilayah pinggiran adalah daerah yang berada di perbatasan atau beranda Indonesia.

 

Untuk memberikan stimulus, Kementerian Pertanian mempersiapkan Paket Spesial dalam upaya meningkatkan produksi pangan di perbatasan. Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Hasil Sembiring menuturkan, saat ini peningkatan produksi pangan di wilayah perbatasan memang tengah menjadi prioritas, seiring banyaknya permasalahan di wilayah perbatasan.

 

“Misalnya di daerah perbatasan Malaysia, sebagian besar mengkonsumsi hasil pangan asal negara tetangga. Karena itu target kita ke depan adalah meningkatkan produksi di daerah perbatasan dan mengurangi ketergantungan masyarakat pada hasil pangan negara tetangga,” tuturnya.

 

Hasil mengatakan, dengan upaya peningkatan produksi di daerah perbatasan, pemerintah berharap ke depan hasil pangan tersebut mampu memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat di daerah perbatasan itu sendiri dan tidak lagi mengandalkan hasil pangan dari negara tetangga alias mandiri pangan.

 

“Jika negara lain mengekspor beras ke negara tetangga memakan waktu beberapa hari, namun dengan lahan di perbatasan Indonesia punya waktu lebih cepat dibanding negara lain untuk mengirimkan produknya,” katanya.

 

Bahkan ungkap Hasil, negara tetangga mengapresiasi dan mendukung program membangun lumbung pangan di wilayah perbatasan NKRI tersebut.  Tiga Negara yang mendukung yaitu China, Singapore dan Malaysia.  “Ini menjadi peluang ekspor yang besar dan menggerakkan perekonomian di wilayah perbatasan dengan mengelola potensi sumberdaya spesifik lokasi masing-masing,” katanya.

 

Menurutnya, wilayah perbatasan Provinsi Riau dan Kepulauan Riau akan memasok ke pasar Singapore dan Malaysia.  Wilayah Perbatasan Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara akan memasok pangan ke Sabah, Serawak dan Brunei. 

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162