Loading...

Yuk Nikmati Mangga Alpukat di Agro Inovasi Fair

12:19 WIB | Thursday, 23-November-2017 | Hortikultura, Komoditi | Penulis : Gesha

Popularitas mangga kini tengah disandang Mangga Gadung 21 atau lebih dikenal dengan Mangga Alpukat. Kelebihan lain yang membuat mangga ini makin populer adalah cara mengonsumsinya berbeda dengan mangga umumnya.

 

Apa itu? Buah mangga tak perlu dikupas, cukup dibelah bagian tengahnya. Lalu putar, sehingga bijinya terlepas dari daging mangganya. Konsumen pun bisa langsung mengonsumi dengan mengerok daging mangga dengan sendok seperti alpukat. 

 

Dengan cara yang unik itu memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Bahkan para pecinta buah pun rela berdesakan membeli saat gelar Agro Inovasi Fair 2017 yang berlangsung di Botanic Square, Bogor.

 

Semenjak diperkenalkan dalam Festival Mangga Pasuruan, gelaran perbenihan dan sumber daya genetik mangga Indonesia di Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, popularitas Mangga Gadung 21 atau lebih dikenal dengan nama Mangga Alpukat semakin melejit. 

 

Berawal dari cerita mulut ke mulut, ranumnya mangga alpukat ini mampu membangkitkan selera dan rasa pecinta buah.  Bagaimana tidak, selama ini buah mangga dikenal berserat banyak dan ada rasa manis-asam. Namun untuk mangga alpukat ini, rasa manisnya buah sangat terasa legit dan minim serat.

 

Memanfaatkan momen popularitas, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian menggelar ekpose mangga unggulan dalam Agro Inovasi 2017. Tak disangka sejak awal Agro Inovasi digelar, pecinta buah berbondong-bondong mengantri untuk membeli mangga Alpukat yang didatangkan langsung dari Pasuruan, Jawa Timur. 

 

“Kita bawa 3 ton untuk seminggu Agro Inovasi. Tapi hari pertama ini saja sudah hampir habis 1 ton,” kata Kepala Sub Bidang Pendayagunaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Balitbang Pertanian, Sanuki Pratikno.

 

Dalam Agro Inovasi 2017 ini, Mangga Alpukat dijual Rp 25 ribu- 30 ribu/kg dengan jumlah buah antara 2-3 buah/kg. Pengunjung yang membeli mangga Alpukat ini pun mengaku senang karena bisa mendapatkan langsung mangga yang tengah naik daun ini.

 

Seperti yang diungkapkan ibu rumah tangga asal Warung Jambu, Dwi yang datang bersama dua orang anaknya. “Kemarin saya sering dengar mangga ini, katanya bisa dikerok kaya alpukat. Saya lihat barusan dan tertarik untuk bisa beli. Malah kalau ada yang jual bibitnya saya mau banget,” tuturnya. 

 

Begitupula dengan pegawai toko elektronik, Fiqri yang tertarik beli mangga Alpukat saat kerumunan pembeli mangga sudah berkurang. “Dari tadi ngeliat  ramai sekali yang beli mangga. Katanya mangga bagus dan lain dari yang lain. Makanya penasaran. Enak ternyata,” ungkapnya sambil mengerok isi buah mangga. 

 

Tertarik untuk nyobain dan beli mangga jaman now ini? Yuk datang ke Agro Inovasi Fair 2017 di Lower Ground Mall Botani Square Bogor. Jangan takut kehabisan karena pameran akan berlangsung sampai Minggu (26/11). Gsh 

 

Editor : Yulianto

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162